Musik dan karakter pendengarnya - Tempe-Urap

Belajar tiada batasan, waktu, usia dan tempat.

Like us on Facebook

Ads Here

Wednesday, September 10, 2014

Musik dan karakter pendengarnya

Sadar atau tidak sadar,dalam kehidupan dan aktifitas sehari-hari ,musik akan sangat mempengaruhi perform dari aktifitas.Dari aktifitas mulai bangun tidur sampai tidur kembali,musik hampir setiap saat ada.Karena itu sudah menjadi konsumsi wajib dan kebutuhan bagi indra pendengar dan rangsangan otak kita.
Benarkah selera musik bisa mempengaruhi karakter dari penikmat itu sendiri?tentu pertanyaan tersebut timbul bukan tanpa sebab.
loading...
dari semua artikel yang pernah saya baca memang antara selera musik dan kepribadian ataupun karakter seseorang sangat erat kaitannya, dan menurut para ahli juga musik favorit bisa jadi merupakan cerminan dari kepribadian diri kita, tapi kalau menurut saya pribadi hal tersebut bukan untuk dijadikan sebuah acuan dan mungkin ini hanyalah sebuah argumen saja, bisa saja bener dan bisa juga tidak.
Ada salah satu ilmuwan yang berasal dari Heriot Watt University, Edinburgh Inggris yaitu Professor Adrian Nort yang melakukan riset dan penelitian akan hal tersebut, dia melakukan penelitian Ilmiah tentang hubungan selera musik dan kepribadian seseorang dengan melibatkan ribuan orang diseleuruh dunia. Dia menduga adanya hubungan antara selera musik dan kepribadian dan hasil temuannya tersebut Nort membandingkan antara penggemar musik klasik dan musik metal, menurutnya adanya kemiripan antara kedua penggemar musik tersebut salah satunya yang paling mengejutkan adalah adanya kesamaan antara penggemar keduanya yang cenderung dan sama-sama kreatif, tenang tapi tidak outgoing.
loading...
Apakah benar jika karakter seseorang itu dapat dilihat dari selera musiknya, misalnya jika orang tersebut suka musik yang keras jiwa dan karakternya juga keras?. Pada dasarnya manusia itu mempunyai empat karakter utama yaitu Korelis, Sanguinis, Melankolis, dan Phlegmatis,disini saya akan coba menggambarkan keempat karakter tersebut dengan selera musik favorit yang mereka gemari.
1.Korelis
Biasanya suka dengan jenis musik yang keras seperti rock, metal, heavy metal, classic atau bahkan jazz, intinya orang yang mempunyai selera musik seperti ini mempunyai semangat perjuangan, kritikan sosial dan sejenisnya. Secara umum karakter ini mencerminkan orang yang berkemauan kuat dan secara khusus dapat digambarkan sebagai orang yang tegas, keras, disiplin, suka mengarahkan, mempunyai bakat pemimpin, suka tantangan tapi mempunyai kelemahan yaitu egois, memiliki sifat otoriter dan diktator.
2. Sanguinis
Biasa menggemari lagu-lagu yang bearansemen ramai, seperti layaknya lagu-lagu jazz, hip-hop, disco, dan rock and roll, dan biasanya lagu-lagu tentang percintaan, lagu-lagu gembira, tentang keceriaan dan sejenisnya. Secara umum mencerminkan orang yang harmonis, dan secara khusus bisa digambarkan sebagai orang yang ceria, suka tertawa, gaul, populer, suka berbicara tapi mempunyai kelemahan seperti pelupa, berantakan dan kekanak-kanakan dan jika berbicara tidak terlalu penting.
3. Melankolis
Sesuai dengan namanya melankolis identik dengan lagu-lagu yang slow, melo dan menurut mereka lagu-lagu itu dapat menambah semangat seperti lagu pop, sloe rock, classic rock dan lagu-lagu seperti yang sedang tren saat ini yang mengarah pada lagu-lagu melayu. Karakter ini mencerminkan orang yang dominan terhadap perasaannya dan secara khusus dapat digambarkan sebagai orang yang sensitif, suka menangis, puitis, romantis, teliti, teratur, perfectionist, biasa menikmati kesunyian tapi mempunyai kelemahan yaitu tidak dapat berkreasi pada lingkungan yang kotor dan sarat akan keramaian, suka murung dan selalu menangis tanpa sebab.
4. Phlegmatis
Karakter seperti ini biasanya menyukai jenis musik dan lagu-lagu yang lagi ngetren yang bergantung pada mood dari orang ini, segala jenis musik dia sukai karena orang phlegmatis selalu mengikuti arus. Secara umum karakter ini mencerminkan orang yang kalem atau santai, dan secara khusus karakter ini dapat digambarkan sebagai orang yang pendiam, penurut, cool, adaptif ( mudah beradaptasi ), baik hati, tidak sombong, cuek dan selalu santai, tapi mempunyai kelemahan yaitu dapat menjadi orang yang terlalu pasrah dan cenderung pasif.
Dari keempat karakter tersebut pada kenyataannya sulit untuk ditemukan karakter yang benar-benar murni, artinya mungkin ada orang yang mempunyai karakter dari gabungan antara karakter yang satu dengan yang lainnya., jadi tidak bisa juga hal tersebut menjadi sebuah acuan dan ini hanyalah merupakan suatu gambaran saja.
 Untuk gambaran khusus bagi penggemar musik di Indonesia,Berikut sebagian gambaran karakter berdasar jenis musiknya.
1.    Pop
Pengemar musik ini biasanya orang yg easy going, berjalan mengikuti era, ber-'wajah' pasaran ( kayak dukun aja!), tidak idealis, berfikiran logis, dan tidak banyak tingkah, tidak suka yg specifik, pokoknya simple dan positif, tapi tidak punya jiwa yg kreatif, maunya , apa kamu bilang oke - oke saja lah!
2.     Dangdut.
Saya nggak berani mengatakan penggemar musik ini biasanya 'kampungan' , bisa di musuhi separo rakyat indonesia kalo aku ngomong kayak gitu, yg saya bisa katakan bahwa penggemar musik ini biasanya orangnya patriotik, nasionalis sejati, tidak peduli apa kata orang, individualis dan sedikit ( mungkin banyak juga)egois, jujur dan tidak memburu gengsi, sifat negatifnya, tidak suka pembaharuan dan cenderung anti modernisasi.
3.     Keroncong.
Dari alunan nadanya bisa kita tebak bahwa pengemar musik ini punya sifat yg sensitif, halus perasaannya, penuh perasaan, berwawasan kuno, melankolis dan pemalas...
4.     Jazz.
Sifat orang dari penggemar musik ini biasanya bergaya burju,romantis, bergengsi tinggi, berselera tinggi, ekslusif, suka tertutup dan menyendiri, egois sejati ( kali aja!)
Bila mengerjakan sesuatu, ia tak perna setengah-setengah karena selalu menginginkan hasil yang terbaik,
dan tidak punya feeling untuk berbagi rasa dgn kaum papa, atu setidaknya nggak mau tahu derita orang.
5.     Rock / slow rock.
Biasanya orangnya berjiwa bebas, seenaknya, cuek, sportif, bisa menerima kemajuan jaman, idealis, juga kreatif, dan berfikiran logis, sayangnya biasanya penggemar musik ini suka gonta - ganti pacar, meski romantis kepada lawan jenis, tapi kurang setia.
6.    Tembang Lama
Orangnya sederhana gak terlalu peduli pada penampilan,gak suka jadi pusat perhatian,berpikir konserfatif
7.    Reggae
Tipe orang yang suka musik reggae tergolong yang paling nyentrik,Suka sesuatu yang santai.Suka membuat keramaian dengan  menjadi pusat perhatian itu sendiri.
8.    Musik Rapp.
Sesuai irama musik ini, maka bisa di simpulkan ( musik juga mencerminkan jiwa seseorang) bahwa penggemar musik ini adalah mereka yg cerewet, banyak ngomong, sok ngerjain teman, tàpi juga mereka ini adalah pribadi yg aktif, dinamis dan penuh inovatif.
9.    Klasik
Bila seorang pria menyukai musik Klasik, ketenangan merupakan bagian dari dirinya. Artinya, ia selalu tenang ketika menghadapi situasi apa pun. Hal itu disebabkan, ia bisa mengendalikan emosi dan memperhitungkan segala sesuatu secara matang sehingga tidak salah langkah dan menyesal.
10.    Country
Bila musik favoritnya adalah Country, itu pertanda orang tersebut memiliki jiwa petualang, menyukai kebebasan dalam arti positif. Biasanya dalam berpacaran pria penggemar Country lebih memilih cewek yang pengertian dan sehobi dengannya.
  Tidak seratus persen dari penelitian dan tulisan diatas bisa mewakili dalam menilai karakter seseorang secara tepat,hanya merupakan penggambaran saja.
Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman penikmat musik.Nikmati musikmu,dan jadilah diri sendiri.

No comments:

Post a Comment