Ayah dan Anak, bagaimana menjadi dekat ? - Tempe-Urap

Belajar tiada batasan, waktu, usia dan tempat.

Like us on Facebook

Ads Here

Monday, January 21, 2019

Ayah dan Anak, bagaimana menjadi dekat ?

Dalam suatu keluarga, seringkali hubungan antara ayah dan anak sedikit berbeda jika dibandingkan hubungan ibu dan anak. Secara emosional, seorang ibu akan lebih terikat lebih intim dengan anak anaknya. Mungkin salah satu faktor karena ibu lah yang melahirkan, jadi secara emosional berbeda dengan seorang ayah.

Disisi lain, seorang Ibu lebih banyak waktu untuk anak-anaknya dari pada seorang ayah. Jadi, sudah pasti porsi perhatian yang Ibu berikan kepada anak-anaknya lebih besar dari Ayahnya. Dan secara tidak langsung, ikatan yang diciptakan pun berbeda.

Bagi seorang Ayah, apalagi yang mempunyai waktu bekerja yang cukup lama dalam satu hari, tentu sangat mengharapkan anak anak mereka bisa menerima kondisi Ayahnya dan berharap hubungan antara Ayah dan anak bisa intim seperti anak kepada Ibunya.

Beberapa hal mungkin yang bisa Anda lakukan sebagai seorang Ayah agar anak anda dapat merasakan apa yang Anda harapkan dan mereka pun dapat mewujudkan apa yang Anda inginkan.

1. Cium dan Peluk


Seorang anak, adalah masa dimana membutuhkan perhatian dan kasih sayang lebih dari orang tua. Berikan selalu ciuman dan pelukan, meskipun sekedar ciuman kecil ataupun pelukan singkat. Buatlah agar anak Anda dapat merasakan kasih sayang dalam pelukan dan ciuman yang anda berikan. Ini bisa anda lakukan setiap kali bertemu ataupun pergi meninggalkan anak anda, meskipun hanya pergi untuk sebentar.

Hal seperti ini akan tersimpan dalam memory anak bahwa Ayah selalu menyediakan ruang untuk anaknya untuk berbagi kehangatan dan kasih sayang.

3. Temani dan Ajak dia bermain

Dunia anak, dunia yang penuh imajinasi, temani dia bahkan sekedar sebagai pelampiasan atas imajinasi yang sedang ia rasakan. Ketika anak Anda bermain, temanilah dia. Tanyakan hal hal kecil tentang apa yang sedang ia mainkan, ini akan membuat anak Anda berpikir bahwa Anda pun merasakan apa yang sedang anak anda mainkan.

Ajak dia bermain, bahkan untuk permainan yang anda sukai sekalipun. Buatlah dia merasa bahwa berbagi permainan adalah bentuk perhatian ayah kepada anakny.

loading...
3. Bepergian bersama anak


Ini pun salah satu cara terbaik untuk dekat dengan anak. Ajak dia pergi sekedar keluar rumah untuk melihat hal hal baru. Ceritakan tentang apa yang anda lihat, dan tanyakan juga apa yang anak anda lihat, tanyakan pendapat anak anda, dan anda bisa bercerita hal hal lain yang meskipun tidak anda lihat dalam perjalanan.

Ketika sesorang ,melakukan perjalanan, ini akan meningkatkan daya imajinasi dan inipun demikian dengan seorang anak. Semakin berapi-api anak anda dalam berimajinasi maka semakin besar kesempatan anda untuk lebih mendekatkan diri kepada anak anda.

Demikian tadi beberapa hal yang bisa saya bagikan. Jangan kuatir, Anda pasti bisa lebih dekat dengan anak anak anda.

Tulisan ini saya dedikasikan untuk anak anak saya, Izan dan Ayu.

No comments:

Post a Comment