Jenis - jenis Yoga dan manfaatnya - Tempe-Urap

Belajar tiada batasan, waktu, usia dan tempat.

Like us on Facebook

Ads Here

Saturday, February 23, 2019

Jenis - jenis Yoga dan manfaatnya

Ada begitu banyak jenis yoga di luar sana, apakah Anda menginginkan kelas yang lebih menuntut fisik atau kelas meditasi yang mudah, santai, dan meditatif. Dengan gaya masing-masing sedikit berbeda dari yang lain, Anda akan menemukan variasi tergantung pada guru. Saya sarankan untuk mencoba beberapa gaya dan guru sebelum memilih favorit Anda. Bahkan jika Anda seorang yogi berpengalaman dengan latihan yang berdedikasi, fleksibilitas dan variasi dengan salah satu gaya berikut dapat meningkatkan pengalaman yoga Anda secara keseluruhan dan menantang Anda untuk keluar dari zona nyaman Anda.

Hatha yoga

Istilah Sanskerta "hatha" adalah istilah umum untuk semua postur fisik yoga. Di Barat, hatha yoga merujuk pada semua gaya yoga lainnya (Ashtanga, Iyengar, dll.) Yang didasarkan pada latihan fisik. Namun, ada cabang yoga lainnya seperti kriya, raja, dan yoga karma yang terpisah dari latihan yoga berbasis fisik. Yoga berbasis fisik adalah yang paling populer dan memiliki banyak gaya. Kelas yoga Hatha adalah yang terbaik untuk pemula karena mereka biasanya berjalan lebih lambat daripada gaya yoga lainnya. Kelas Hatha hari ini adalah pendekatan klasik untuk bernafas dan berolahraga. Jika Anda baru mengenal yoga, hatha yoga adalah titik masuk yang bagus untuk berlatih.

Iyengar yoga

Iyengar yoga didirikan oleh B.K.S. Iyengar dan fokus pada penyelarasan serta gerakan yang terperinci dan tepat. Di kelas Iyengar, siswa melakukan berbagai postur sambil mengendalikan nafas. Umumnya, pose diadakan untuk waktu yang lama sambil menyesuaikan detail dari pose. Iyengar sangat bergantung pada alat peraga untuk membantu siswa menyempurnakan bentuk mereka dan masuk ke posisi yang lebih aman. Meskipun Anda tidak akan melompat-lompat, Anda pasti akan mendapatkan latihan dan merasa sangat terbuka dan santai setelah kelas Iyengar. Gaya ini sangat bagus untuk orang dengan cedera yang perlu bekerja perlahan dan metodis.

Yoga Kundalini

Latihan yoga Kundalini adalah bagian yang sama spiritual dan fisiknya. Gaya ini adalah tentang melepaskan energi kundalini di tubuh Anda yang dikatakan terperangkap, atau digulung, di tulang belakang bagian bawah. Kelas-kelas ini benar-benar melatih inti dan pernapasan Anda dengan postur dan latihan pernapasan yang bergerak cepat. Kelas-kelas ini cukup intens dan dapat melibatkan nyanyian, mantra, dan meditasi.

Yoga Ashtanga

Dalam bahasa Sanskerta Ashtanga diterjemahkan sebagai "Jalan Delapan Tungkai." Yoga Ashtanga melibatkan urutan postur tubuh yang sangat menuntut fisik, sehingga gaya yoga ini jelas bukan untuk pemula. Dibutuhkan seorang yogi yang berpengalaman untuk benar-benar menyukainya. Ashtanga dimulai dengan lima salam matahari A dan lima salam matahari B dan kemudian bergerak ke serangkaian postur berdiri dan lantai. Di Mysore, India, orang-orang berkumpul untuk mempraktikkan bentuk yoga ini bersama-sama dengan kecepatan mereka sendiri — jika Anda melihat Ashtanga yang dipimpin Mysore, Anda diharapkan mengetahui seri ini. Vinyasa yoga berasal dari Ashtanga sebagai gaya mengalir yang menghubungkan napas dengan gerakan.

Yoga Vinyasa

Vinyasa berarti "menempatkan dengan cara khusus" dan dalam hal ini postur yoga. Vinyasa adalah gaya yoga yang paling atletis. Vinyasa diadaptasi dari yoga Ashtanga pada 1980-an. Di kelas Vinyasa, gerakan ini dikoordinasikan dengan napas dan gerakan Anda untuk mengalir dari satu pose ke pose lainnya. Banyak jenis yoga juga dapat dianggap aliran Vinyasa seperti Ashtanga, yoga kekuatan, dan prana. Gaya Vinyasa dapat bervariasi tergantung pada guru, dan ada banyak jenis pose dalam urutan yang berbeda. Saya secara pribadi mengajarkan gaya vinyasa berbasis keselarasan dan koreografi aliran baru setiap kali, tetapi saya juga suka memegang beberapa pose sedikit lebih lama setelah pemanasan.

Bikram Yoga

Jika Anda ingin berkeringat dalam yoga, ini adalah gaya untuk Anda. Bikram yoga dinamai Bikram Choudhury dan menampilkan serangkaian pose dalam ruangan seperti sauna — biasanya diatur hingga 105 derajat dan kelembaban 40 persen. Urutan termasuk serangkaian 26 postur dasar, dengan masing-masing dilakukan dua kali.

Yoga Yin

Yoga Yin adalah gaya yoga serba lambat dengan postur duduk yang diadakan untuk waktu yang lama. Yin adalah kelas yang bagus untuk pemula, karena postur dapat dilakukan mulai dari 45 detik hingga dua menit. Yin juga bisa menjadi latihan yoga meditatif yang membantu Anda menemukan kedamaian batin. Kelas-kelasnya santai, karena Anda seharusnya membiarkan gravitasi melakukan sebagian besar pekerjaan.

Yoga Pemulihan

Yoga restoratif berfokus pada mereda setelah hari yang panjang dan menenangkan pikiran Anda. Pada intinya, gaya ini berfokus pada relaksasi tubuh. Anda menghabiskan lebih banyak waktu dalam postur yang lebih sedikit di seluruh kelas. Banyak pose yang dimodifikasi agar lebih mudah dan lebih santai. Seperti Iyengar, banyak alat peraga yang digunakan dan diletakkan tepat seperti selimut, guling, dan bantal mata. Semua alat peraga ada di sana untuk membantu Anda lebih tenggelam dalam relaksasi. Yoga restoratif juga membantu membersihkan dan membebaskan pikiran Anda.

Yoga Prenatal

Yoga prenatal secara hati-hati diadaptasi untuk "menjadi ibu" dan dirancang untuk wanita di semua trimester. Banyak yang mengatakan bahwa prenatal adalah salah satu jenis latihan terbaik untuk ibu hamil karena pekerjaan dasar panggul, fokus pada pernapasan, dan ikatan dengan bayi yang sedang tumbuh; yoga prenatal juga membantu ibu mempersiapkan persalinan dan melahirkan. Saya juga mempraktikkan yoga prenatal saya sendiri selama kehamilan saya.

Yoga Anusara

Anusara adalah versi modern dari hatha yoga, paling mirip dengan vinyasa dalam hal itu yang berfokus pada keselarasan tetapi dengan lebih fokus pada koneksi pikiran-tubuh-hati dan kata-kata yang berbeda. Anusara berfokus pada spiral dan bagaimana setiap bagian tubuh harus bergerak. Anusara juga dikenal karena penekanannya pada pembukaan jantung. Berharap untuk sering berhenti di kelas dan berkumpul di sekitar siswa ketika instruktur memecah pose.

Yoga Jivamukti

Jivamukti didirikan pada tahun 1984 oleh Sharon Ganon dan David Life. Jivamukti terutama adalah aliran aliran gaya vinyasa yang dipenuhi dengan ajaran spiritual Hindu. Serangkaian nyanyian biasanya membuka awal kelas diikuti dengan serangkaian pose yang selaras dengan lima prinsip yoga dan filosofi Jivamukti. Pada intinya, gaya ini menekankan koneksi ke Bumi sebagai makhluk hidup, sehingga sebagian besar pengikut Jivamukti mengikuti filosofi vegetarian mereka

No comments:

Post a Comment