Tips Cara Menjual Emas Batangan dan Perhiasan - Tempe-Urap

Belajar tiada batasan, waktu, usia dan tempat.

Like us on Facebook

Ads Here

Wednesday, February 20, 2019

Tips Cara Menjual Emas Batangan dan Perhiasan

Anda pasti sudah tahu jika emas batangan dan emas perhiasaan memiliki sifat likuid yang artinya kita bisa mendapatkan uang dengan cepat ketika menjualnya kembali. Meski terlihat mudah, agan dan sista sebaiknya tidak sembarangan ketika menjual kembali emas batangan ataupun emas perhiasan.

Kenapa begitu? Karena dengan memperhatikan beberapa tips ini agan dan sista bisa mendapatkan keuntungan ketika menjualnya kembali. Lebih baik cermat sedikit dan mendapatkan untung, daripada buru-buru dan rugi, bukan?

Nah, jadi apa yang harus gansis perhatikan dengan baik ketika ingin menjual kembali emas batangan dan emas perhiasan? Ini empat tipsnya.

1. Harus Memiliki Sertifikat
Emas Batangan

Memiliki sertifikat menjadi faktor penting jika gansis ingin mendapatkan harga yang tinggi ketika menjual emas batangan. Hal ini karena sertifikat merupakan pernyataan yang bisa menjamin keaslian dan kemurnian emas. Oleh sebab itu, sebelum membeli, pastikan emas memiliki sertifikat dan simpan sertifikat dengan baik.

Emas Perhiasan

Berbeda dengan emas batangan, sertifikat perhiasan emas sering kali hanya dinyatakan melalui nota kecil dari toko emas. Meski begitu, nota tersebut tetap harus disimpan dan dijaga dengan baik karena gansis akan membutuhkannya ketika menjual.

2. Ketahui Harga dan Kadar Emas

Emas Batangan

Tips jual berikutnya ialah usahakan gansis memantau harga emas sebelum menjual emas batangan. Dengan memantau harga, gansis akan tahu kapan waktu terbaik untuk menjualnya. Jika ingin menjual tanpa takut rugi, gansis harus menjualnya setelah lima atau sepuluh tahun karena harga emas kemungkinan sudah naik secara signifkan. 

Sementara untuk kadar emas batangan, pastikan emas batangan memiliki kadar kemurnian 99,99% jika tidak harga jual kembali emas bisa sangat murah. Kadar kemurnian emas ini harusnya tertulis di sertifikat emas.

Emas Perhiasan

Dibandingkan dengan emas batangan, perhiasan emas barangkali tidak terlalu menguntungkan ketika dijual kembali. Kenapa begitu? Pertama, selain karena perhiasaan emas umumnya tidak memiliki kadar emas 100%, emas yang dijual juga akan dipotong oleh biaya produksi. Dengan begitu, emas bisa dihargai lebih rendah dibandingkan ketika gansis membelinya. 

Selain itu, kenaikan harga emas sering kali tidak berpengaruh kapan pun gansis menjual emas. Jika menjual emas di tempat yang sama ketika membelinya, gansis akan mendapatkan harga emas sama seperti saat membelinya lalu dikurangi biaya produksi. 

3. Pilih Tempat untuk Menjual Emas

Emas Batangan

Emas batangan asli Antam memiliki beberapa pilihan tempat jika gansis ingin menjualnya. Selain Antam dan gerainya, gansis bisa menjual emas ke Pegadaian atau toko emas online. Keuntungannya, gansis bisa membandingkan harga di tempat-tempat tersebut demi mendapatkan harga buyback terbaik.

Emas Perhiasan

Sebaliknya, untuk perhiasan, gansis bisa menjual kembali emas ke toko tempat gansis membeli dan mendapatkan potongan lebih rendah. Bisa juga, menjualnya di toko lain dengan risiko kemungkinan mendapatkan potongan biaya produksi lebih besar.

4. Beda Keuntungan Antara Emas Batangan dan Perhiasaan

Emas Batangan

Seperti yang sudah gansis tahu, emas batangan merupakan investasi jangka panjang. Dengan demikian, jika menjual emas batangan dalam waktu satu bulan atau satu tahun setelah membelinya, gansis akan sulit mendapat keuntungan yang besar. Untuk mendapatkan selisih harga beli dan jual yang tinggi, sebaiknya jual emas batangan setelah lima atau sepuluh tahun.

Emas Perhiasan

Emas perhiasan tidak terlalu menguntungkan jika dijual kembali karena di beberapa tempat, tidak dijual mengikuti perkembangan naik turunnya harga emas. Sangat kecil kemungkinan gansis bisa mendapatkan keuntungan dengan menjual emas perhiasan. Kemungkinan terbaik hanyalah gansis mendapatkan potongan rendah sehingga uang gansis tidak terlalu banyak berkurang.

Untuk emas batangan, jika bukan karena terdesak, lebih baik tidak menjualnya hingga lewat beberapa waktu. Sementara perhiasan emas, ane sarankan jangan beli untuk investasi karena pasti tidak akan menguntungkan.


No comments:

Post a Comment